Internet RT/RW Net di Bandung, Cikutra Baru

Kos di Bandung, maksudnya Kos di Cikutra Baru Bandung, rada gampang untuk cari fasilitas internet unlimited. Bisa pake RT RW Net Cikutra Baru yaitu CKBNet. Ada beberapa paket unlimited 96kbps, 192kbps, dan 512kbps.


Beberapa lokasi kos di cikutra baru, sudah bisa akses langsung dengan RT RW Net ckbnet, (maksud langsung pake notebook yang udah ada WiFinya).
Wifi Zone Kos Cikutra Baru
  • Jl Cikutra Baru VIII
  • Jl Cikutra Baru VII (sebagian)
  • Jl Cikutra Baru IV

Kalo untuk jalan cikutra baru lainnya, ya musti pake alat lagi, minimalnya biar nggak pusing.. ya pake Akses Point aja. (kisaran harga 300 - 500ribu). Kalo yang 400ribu ke atas dah support repeater. Info lengkap : http://ckbnet.co.cc

Internet RT/RW Net di Bandung, Cikutra Baru

Kos di Bandung, maksudnya Kos di Cikutra Baru Bandung, rada gampang untuk cari fasilitas internet unlimited. Bisa pake RT RW Net Cikutra Baru yaitu CKBNet. Ada beberapa paket unlimited 96kbps, 192kbps, dan 512kbps.


Beberapa lokasi kos di cikutra baru, sudah bisa akses langsung dengan RT RW Net ckbnet, (maksud langsung pake notebook yang udah ada WiFinya).
Wifi Zone Kos Cikutra Baru
  • Jl Cikutra Baru VIII
  • Jl Cikutra Baru VII (sebagian)
  • Jl Cikutra Baru IV

Kalo untuk jalan cikutra baru lainnya, ya musti pake alat lagi, minimalnya biar nggak pusing.. ya pake Akses Point aja. (kisaran harga 300 - 500ribu). Kalo yang 400ribu ke atas dah support repeater. Info lengkap : http://ckbnet.co.cc

Internet RT/RW Net di Bandung, Cikutra Baru

Kos di Bandung, maksudnya Kos di Cikutra Baru Bandung, rada gampang untuk cari fasilitas internet unlimited. Bisa pake RT RW Net Cikutra Baru yaitu CKBNet. Ada beberapa paket unlimited 96kbps, 192kbps, dan 512kbps.

Beberapa lokasi kos di cikutra baru, sudah bisa akses langsung dengan RT RW Net ckbnet, (maksud langsung pake notebook yang udah ada WiFinya).
Wifi Zone Kos Cikutra Baru
  • Jl Cikutra Baru VIII
  • Jl Cikutra Baru VII (sebagian)
  • Jl Cikutra Baru IV

Kalo untuk jalan cikutra baru lainnya, ya musti pake alat lagi, minimalnya biar nggak pusing.. ya pake Akses Point aja. (kisaran harga 300 - 500ribu). Kalo yang 400ribu ke atas dah support repeater. Info lengkap : http://ckbnet.co.cc

Kantin dan Resto di Kos Cikutra Baru Bandung

Kantin dan Resto Kos di Bandung daerah seputar Cikutra Baru.
Sori ya rada bingung bahasanya ya... maklum untuk keperluan SEO, jadinya harus gini deh...

Untuk kantin daerah kos-an cikutra baru, jumlahnya nggak terlalu banyak.
Saya cuman tunjukin daerahnya aja...
  • Jalan Cikutra Baru I (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VIII (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VII dan IV (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru Raya (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VI (ada 1) kalo yang ini rada ok, semacam PUJASERA

Jadi jangan khawatir susah cari makan kalo kos di daerah cikutra baru, bandung.
Sebenarnya cukup banyak sih.. kalo keluar aja dikit lewat cikutra baru VIII, ada gang kecil yang tembus ke jalan Cikutra (+15m dari kos putra cikutra baru VIII No.12), nah di situ banyak banget...

Gambar peta klik aja link ini

Kantin dan Resto di Kos Cikutra Baru Bandung

Kantin dan Resto Kos di Bandung daerah seputar Cikutra Baru.
Sori ya rada bingung bahasanya ya... maklum untuk keperluan SEO, jadinya harus gini deh...

Untuk kantin daerah kos-an cikutra baru, jumlahnya nggak terlalu banyak.
Saya cuman tunjukin daerahnya aja...
  • Jalan Cikutra Baru I (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VIII (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VII dan IV (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru Raya (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VI (ada 1) kalo yang ini rada ok, semacam PUJASERA

Jadi jangan khawatir susah cari makan kalo kos di daerah cikutra baru, bandung.
Sebenarnya cukup banyak sih.. kalo keluar aja dikit lewat cikutra baru VIII, ada gang kecil yang tembus ke jalan Cikutra (+15m dari kos putra cikutra baru VIII No.12), nah di situ banyak banget...

Gambar peta klik aja link ini

Kantin dan Resto di Kos Cikutra Baru Bandung

Kantin dan Resto Kos di Bandung daerah seputar Cikutra Baru.
Sori ya rada bingung bahasanya ya... maklum untuk keperluan SEO, jadinya harus gini deh...

Untuk kantin daerah kos-an cikutra baru, jumlahnya nggak terlalu banyak.
Saya cuman tunjukin daerahnya aja...
  • Jalan Cikutra Baru I (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VIII (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VII dan IV (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru Raya (ada 1)
  • Jalan Cikutra Baru VI (ada 1) kalo yang ini rada ok, semacam PUJASERA

Jadi jangan khawatir susah cari makan kalo kos di daerah cikutra baru, bandung.
Sebenarnya cukup banyak sih.. kalo keluar aja dikit lewat cikutra baru VIII, ada gang kecil yang tembus ke jalan Cikutra (+15m dari kos putra cikutra baru VIII No.12), nah di situ banyak banget...

Gambar peta klik aja link ini

Universitas di Bandung

Daftar Universitas di Bandung, Jawa Barat, Indonesia :

Universitas Padjadjaran (Unpad), http://www.unpad.ac.id/
Universitas Pendidikan Indonesia (Upi), http://www.upi.ac.id/
Universitas Pasundan (Unpas), http://www.unpas.ac.id/
Universitas Islam Bandung (Unisba), http://www.unisba.ac.id/
Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), http://www.unpar.ac.id/
Universitas Kristen Maranatha, http://www.maranatha.edu/
Universitas Widyatama (Utama), http://www.widyatama.ac.id/ (kos-an di bandung terdekat)


Institut Teknologi Bandung (Itb), http://www.itb.ac.id/
Institut Teknologi Nasional (Itenas), http://www.itenas.ac.id/ (kos-an di bandung terdekat)
Institut Teknologi Telkom, http://www.stttelkom.ac.id/

Universitas di Bandung

Daftar Universitas di Bandung, Jawa Barat, Indonesia :

Universitas Padjadjaran (Unpad), http://www.unpad.ac.id/
Universitas Pendidikan Indonesia (Upi), http://www.upi.ac.id/
Universitas Pasundan (Unpas), http://www.unpas.ac.id/
Universitas Islam Bandung (Unisba), http://www.unisba.ac.id/
Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), http://www.unpar.ac.id/
Universitas Kristen Maranatha, http://www.maranatha.edu/
Universitas Widyatama (Utama), http://www.widyatama.ac.id/ (kos-an di bandung terdekat)


Institut Teknologi Bandung (Itb), http://www.itb.ac.id/
Institut Teknologi Nasional (Itenas), http://www.itenas.ac.id/ (kos-an di bandung terdekat)
Institut Teknologi Telkom, http://www.stttelkom.ac.id/

Universitas di Bandung

Daftar Universitas di Bandung, Jawa Barat, Indonesia :

Universitas Padjadjaran (Unpad), http://www.unpad.ac.id/
Universitas Pendidikan Indonesia (Upi), http://www.upi.ac.id/
Universitas Pasundan (Unpas), http://www.unpas.ac.id/
Universitas Islam Bandung (Unisba), http://www.unisba.ac.id/
Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), http://www.unpar.ac.id/
Universitas Kristen Maranatha, http://www.maranatha.edu/
Universitas Widyatama (Utama), http://www.widyatama.ac.id/ (kos-an di bandung terdekat)


Institut Teknologi Bandung (Itb), http://www.itb.ac.id/
Institut Teknologi Nasional (Itenas), http://www.itenas.ac.id/ (kos-an di bandung terdekat)
Institut Teknologi Telkom, http://www.stttelkom.ac.id/

Bandung > Bandung-Lembang (Pakar-Maribaya)

info kostbandung hanya di http://www.kosbandung.co.cc
Maribaya - Pakar mungkin tempat wisata di bandung yang cukup menyenangkan, terutama buat yang suka jalan. Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda atau lebih dikenal Gua Pakar terletak di kawasan bandung utara dan merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia. Sedangkan Maribaya terletak sekitar 7 km sebelah timur kota Lembang. Di daerah seluas 5.5 ha dan ketinggian 1.000 m dpl, Maribaya mempunyai sumber air panas mineral dengan suhu hingga 46 Celcius. Konon air panas di kolam rendam Maribaya bisa menyembuhkan reumatik dan penyakit kulit lainnya.


Dengan mengeluarkan uang Rp. 3.000,- untuk karcis masuk danRp. 1000- 2000,- untuk uang parkir kendaraan kita dapat masuk ke Gua Pakar dan melihat berbagai macam flora dan fauna. Untuk flora, sekurangnya ada 112 species dari 4 famili. Ada juga jenis pohon yang sengaja dibawa oleh kaum penjajah seperti Pinus Meksiko, Mahoni Uganda, Cedar Honduras dll. Untuk jenis fauna fauna, masih dapat dijumpai sekelompok kera ekor panjang di sekitar Gua Jepang atau sekitar jalanan antara Gua pakar menuju Maribaya.

Sepanjang perjalanan antara Gua Pakar dan Maribaya, Anda dapat menikmati keindahan alam hutan dengan udaranya yang masih bersih dan segar dengan pepohonan yang menjulang dan tanaman perdu yang rimbun dengan aroma yang khas.

Bila kelelahan kita dapat beristirahat sejenak dan tidak perlu merasa khawatir akan kehausan dan kekurangan makanan. Di sepanjang perjalanan kita akan menemui penjual air lahang (air nira) atau bandrek dan bajigur, ada juga penjual pisang, jagung rebus-bakar dan ketan bakar. Untuk makanan berat ada juga suguhan nasi timbel hitam atau merah.

Tidak kalah menariknya adalah fenomena patahan lembang yang dapat Anda nikmati saat hendak memasuki kawasan Maribaya. Patahan Lembang akan semakin jelas dilihat saat memandang dari atas jembatan sebelum memasuki kawasan Maribaya, tepatnya dekat DAS Cikapundung hulu.

Kemudian perjalanan dapat dilanjutkan ke Goa Jepang dan Goa Belanda. Ada empat pintu utama untuk memasukin gua Jepang. Pada jaman pendudukan tentara Jepang di Indonesia, gua ini digunakan untuk tempat persembunyian tentara Jepang. Pembangunan gua ini dilakukan oleh tenaga kerja pribumi secara paksa yang dikenal dengan romusha. Tidak ada penerangan dalam gua, keadaan ini digunakan oleh penduduk sekitar untuk menyewakan senter dengan harga sewa 500 per-senter.

Gua Belanda merupakan jalan tembus ke balik pegunungan. Gua ini dibangun pada tahun 1918 dengan fungsi utama sebagai Pintu terowongan Air PLTA Bengkok. Karena suasana perang yang semakain bergejolak pada masa pemberontakan terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Goa ini berubah fungsi menjadi pusat komunikasi rahasia tentara Belanda. Pada jaman kemerdekaan, goa ini berubah fungsi lagi menjadi gudang mesiu. Dan saat ini dapat dimasuki dengan aman.

Untuk memasuki kawasan Gua Pakar, bila menggunakan rute angkutan umum naik angkutan yang menuju arah Terminal Dago dan disambung dengan angkutan Ciburial sampai pintu gerbang. Sementara dari Ciroyom (Stasiun Bandung) ada angkutan yang langsung menuju pintu gerbang. Selamat mencoba !

Bandung > Bandung-Lembang (Pakar-Maribaya)

info kostbandung hanya di http://www.kosbandung.co.cc
Maribaya - Pakar mungkin tempat wisata di bandung yang cukup menyenangkan, terutama buat yang suka jalan. Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda atau lebih dikenal Gua Pakar terletak di kawasan bandung utara dan merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia. Sedangkan Maribaya terletak sekitar 7 km sebelah timur kota Lembang. Di daerah seluas 5.5 ha dan ketinggian 1.000 m dpl, Maribaya mempunyai sumber air panas mineral dengan suhu hingga 46 Celcius. Konon air panas di kolam rendam Maribaya bisa menyembuhkan reumatik dan penyakit kulit lainnya.


Dengan mengeluarkan uang Rp. 3.000,- untuk karcis masuk danRp. 1000- 2000,- untuk uang parkir kendaraan kita dapat masuk ke Gua Pakar dan melihat berbagai macam flora dan fauna. Untuk flora, sekurangnya ada 112 species dari 4 famili. Ada juga jenis pohon yang sengaja dibawa oleh kaum penjajah seperti Pinus Meksiko, Mahoni Uganda, Cedar Honduras dll. Untuk jenis fauna fauna, masih dapat dijumpai sekelompok kera ekor panjang di sekitar Gua Jepang atau sekitar jalanan antara Gua pakar menuju Maribaya.

Sepanjang perjalanan antara Gua Pakar dan Maribaya, Anda dapat menikmati keindahan alam hutan dengan udaranya yang masih bersih dan segar dengan pepohonan yang menjulang dan tanaman perdu yang rimbun dengan aroma yang khas.

Bila kelelahan kita dapat beristirahat sejenak dan tidak perlu merasa khawatir akan kehausan dan kekurangan makanan. Di sepanjang perjalanan kita akan menemui penjual air lahang (air nira) atau bandrek dan bajigur, ada juga penjual pisang, jagung rebus-bakar dan ketan bakar. Untuk makanan berat ada juga suguhan nasi timbel hitam atau merah.

Tidak kalah menariknya adalah fenomena patahan lembang yang dapat Anda nikmati saat hendak memasuki kawasan Maribaya. Patahan Lembang akan semakin jelas dilihat saat memandang dari atas jembatan sebelum memasuki kawasan Maribaya, tepatnya dekat DAS Cikapundung hulu.

Kemudian perjalanan dapat dilanjutkan ke Goa Jepang dan Goa Belanda. Ada empat pintu utama untuk memasukin gua Jepang. Pada jaman pendudukan tentara Jepang di Indonesia, gua ini digunakan untuk tempat persembunyian tentara Jepang. Pembangunan gua ini dilakukan oleh tenaga kerja pribumi secara paksa yang dikenal dengan romusha. Tidak ada penerangan dalam gua, keadaan ini digunakan oleh penduduk sekitar untuk menyewakan senter dengan harga sewa 500 per-senter.

Gua Belanda merupakan jalan tembus ke balik pegunungan. Gua ini dibangun pada tahun 1918 dengan fungsi utama sebagai Pintu terowongan Air PLTA Bengkok. Karena suasana perang yang semakain bergejolak pada masa pemberontakan terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Goa ini berubah fungsi menjadi pusat komunikasi rahasia tentara Belanda. Pada jaman kemerdekaan, goa ini berubah fungsi lagi menjadi gudang mesiu. Dan saat ini dapat dimasuki dengan aman.

Untuk memasuki kawasan Gua Pakar, bila menggunakan rute angkutan umum naik angkutan yang menuju arah Terminal Dago dan disambung dengan angkutan Ciburial sampai pintu gerbang. Sementara dari Ciroyom (Stasiun Bandung) ada angkutan yang langsung menuju pintu gerbang. Selamat mencoba !

Bandung > Cerita Seputar Dago Pakar Bandung

Dago Pakar, tempat wisata yang nggak jauh dari pusat kota bandung. Yah.. sekitar 6Km-an dari Alun-alun kota bandung. Mo tau histori-nya...


Banyak yang bilang dago pakar mulai terkenal sejak para insinyur belanda mulai membuat jalur air yang dialirkan dari sungai Cikapundung ke semacam danau/water cachement di Dago Pakar (belok kiri sebelum sampai di tempat parkir Tahura).

Dan ada yang bilang Goa Belanda sebenarnya adalah bagian dari rencana awal saluran air tersebut, tapi yang pasti akhirnya dibuat dan digunakan saluran air besar di bawah tanah antara goa belanda sampai ke danau/water cachement Dago tadi. (gak banyak yang tau kan kalo ternyata ada saluran air besar di bawah Tahura?)

Ada cerita dari Tour guide lokal di sana bahwa si Goa Belanda yang bentuknya mirip trisula ini, banyak memakan nyawa inlanders dalam pembuatannya. Selain karena tidak diberi jatah makanan cukup, harus tidur di dalam penjara di dalam goa yang dingin dan lembab, juga karena prinsipnya "orang yang mengetahui rahasia strategis Belanda, harus tidak boleh keluar hidup-hidup!". Tapi kata dia juga, di Goa Belanda mah gak ada jurig, karena Standard Operating Prochedure tempat wisata itu adalah "dilakukan pembersihan dari segala jurig yang mungkin mengganggu secara reguler".

Padahal Goa Jepang menurut gue agak spooky, mungkin karena ketinggian goanya yang gak terlalu tinggi dan terlihat jauh lebih alami (lantai batu/tanah dan dinding cadas). Anyway, Goa Jepang ini memang semata-mata dibuat untuk keperluan militer dan dibuat hanya selama 3 tahun masa pendudukan Jepang. Jadi, kebayang enggak berapa inlander lagi yang meninggal untuk pembuatan sebuah labirin goa batu cadas sekompleks itu?

Memang banyak cerita seputar dago pakar, bandung. Kalo ke bandung mampir2 deh ke dago pakar...

Bandung > Cerita Seputar Dago Pakar Bandung

Dago Pakar, tempat wisata yang nggak jauh dari pusat kota bandung. Yah.. sekitar 6Km-an dari Alun-alun kota bandung. Mo tau histori-nya...


Banyak yang bilang dago pakar mulai terkenal sejak para insinyur belanda mulai membuat jalur air yang dialirkan dari sungai Cikapundung ke semacam danau/water cachement di Dago Pakar (belok kiri sebelum sampai di tempat parkir Tahura).

Dan ada yang bilang Goa Belanda sebenarnya adalah bagian dari rencana awal saluran air tersebut, tapi yang pasti akhirnya dibuat dan digunakan saluran air besar di bawah tanah antara goa belanda sampai ke danau/water cachement Dago tadi. (gak banyak yang tau kan kalo ternyata ada saluran air besar di bawah Tahura?)

Ada cerita dari Tour guide lokal di sana bahwa si Goa Belanda yang bentuknya mirip trisula ini, banyak memakan nyawa inlanders dalam pembuatannya. Selain karena tidak diberi jatah makanan cukup, harus tidur di dalam penjara di dalam goa yang dingin dan lembab, juga karena prinsipnya "orang yang mengetahui rahasia strategis Belanda, harus tidak boleh keluar hidup-hidup!". Tapi kata dia juga, di Goa Belanda mah gak ada jurig, karena Standard Operating Prochedure tempat wisata itu adalah "dilakukan pembersihan dari segala jurig yang mungkin mengganggu secara reguler".

Padahal Goa Jepang menurut gue agak spooky, mungkin karena ketinggian goanya yang gak terlalu tinggi dan terlihat jauh lebih alami (lantai batu/tanah dan dinding cadas). Anyway, Goa Jepang ini memang semata-mata dibuat untuk keperluan militer dan dibuat hanya selama 3 tahun masa pendudukan Jepang. Jadi, kebayang enggak berapa inlander lagi yang meninggal untuk pembuatan sebuah labirin goa batu cadas sekompleks itu?

Memang banyak cerita seputar dago pakar, bandung. Kalo ke bandung mampir2 deh ke dago pakar...

Sekolah di Bandung | SMA Negeri di Bandung

Info Sekolah di Bandung | SMA Negeri di Bandung


No Nama Sekolah Alamat Daya Tampung
1 SMA NEGERI 1 BANDUNG JL. Ir. H. Juanda No. 93 Bandung
Telp. 022 2503948 Fax. 022
314
2 SMA NEGERI 2 BANDUNG Jl. Cihampelas No. 173 Bandung
Telp. 022 2032462 Fax. 022
Website : http://www.sman2bdg.or.id
320
3 SMA NEGERI 3 BANDUNG Jl. Belitung No. 8 Bandung
Telp. 022 4235154 Fax. 022
Website : http://sman3-bdg.net/id/
303
4 SMA NEGERI 4 BANDUNG Jl. Gardujati No. 20 Bandung
Telp. 022 4203861 Fax. 022
287
5 SMA NEGERI 5 BANDUNG Jl. Belitung No. 8 Bandung
Telp. 022 4206921 Fax. 022 4216385
Website : http://SMAn5bdg.sch.id
276
6 SMA NEGERI 6 BANDUNG Jl. Pasirkaliki No. 51 Bandung
Telp. 022 6011309 Fax. 022 6011309
262
7 SMA NEGERI 7 BANDUNG Jl. Lengkong Kecil No. 53 Bandung
Telp. 022 4239947 Fax. 022 4239947
316
8 SMA NEGERI 8 BANDUNG Jl. Selontongan No. 3 Bandung
Telp. 022 7304542 Fax. 022 7310331
362
9 SMA NEGERI 9 BANDUNG Jl. LMU. Suparmin 1A Bandung
Telp. 022 6123806 Fax. 022 6004299
Website : http://www.smun9-bdg.sch.id
300
10 SMA NEGERI 10 BANDUNG Jl. Cikutra No. 77 Bandung
Telp. 022 7273109 Fax. 022 7273109
320
11 SMA NEGERI 11 BANDUNG Jl. H. Aksan Bandung
Telp. 022 5201102 Fax. 022 5201102
Website : http://www.sman11-bdg.net
306
12 SMA NEGERI 12 BANDUNG Jl. Sekejati Kiaracondong Bandung
Telp. 022 7310256 Fax. 022 7310256
238
13 SMA NEGERI 13 BANDUNG Jl. Raya Cibeureum No. 52 Bandung
Telp. 022 6011186 Fax. 022
283
14 SMA NEGERI 14 BANDUNG Jl. Yudha Wastu Pramuka Bandung
Telp. 022 7202744 Fax. 022 7202744
234
15 SMA NEGERI 15 BANDUNG Jl. Sarimanis I Bandung
Telp. 022 2011975 Fax. 022 2011975
Website : http://www.sman15bdg.net
320
16 SMA NEGERI 16 BANDUNG Jl. Mekarsari No. 81 Bandung
Telp. 022 7102122 Fax. 022 7102122
468
17 SMA NEGERI 17 BANDUNG Jl. Caringin Bbk. Ciparay Bandung
Telp. 022 6078486 Fax. 022
324
18 SMA NEGERI 18 BANDUNG Jl. Madesa Situgunting No. 18 Bandung
Telp. 022 6013514 Fax. 022 6013514
288
19 SMA NEGERI 19 BANDUNG Jl. Dago Pojok Bandung
Telp. 022 2502465 Fax. 022 2502465
314
20 SMA NEGERI 20 BANDUNG Jl. Citarum No. 23 Bandung
Telp. 022 4205268 Fax. 022 4205268
240
21 SMA NEGERI 21 BANDUNG Jl. Rancasawo Ciwastra Bandung-40286
Telp. 022-7565909 Fax. 022-7565909
Website : http://www.sman21bandung.sch.id
247
22 SMA NEGERI 22 BANDUNG Jl. Rajamantri Kulon No. 17A Bandung
Telp. 022 7302769 Fax. 022 7302769
298
23 SMA NEGERI 23 BANDUNG Jl. Malangbong Raya Bandung
Telp. 022 7270758 Fax. 022 7270758
Website : http://www.sman22bandung.sch.id
288
24 SMA NEGERI 24 BANDUNG Jl. A.H Nasution No. 27 Bandung
Telp. 022 7800196 Fax. 022 7800196
Website : http://www.sman24bdg.com
281
25 SMA NEGERI 25 BANDUNG Jl. Baturaden VIII No.21 Ciwastra Bandung
Telp. 022 7560119 Fax. 022
288
26 SMA NEGERI 26 BANDUNG JL Sukaluyu No.26 Bandung
Telp. 022 7806897 Fax. 022
Website : www.sman25bandung.sch.id
154
27 SMA NEGERI 27 BANDUNG Jl. Cihampelas No. 173
Telp. 022- Fax. 022-
80
28 M A Negeri 1 Bandung Jl. H. Alpi No. 41 Bandung
Telp. 022 Fax. 022
300
29 M A Negeri 2 Bandung Jl. Cipadung Cibiru Bandung
Telp. 022 Fax. 022
360

Sekolah di Bandung | SMA Negeri di Bandung

Info Sekolah di Bandung | SMA Negeri di Bandung


No Nama Sekolah Alamat Daya Tampung
1 SMA NEGERI 1 BANDUNG JL. Ir. H. Juanda No. 93 Bandung
Telp. 022 2503948 Fax. 022
314
2 SMA NEGERI 2 BANDUNG Jl. Cihampelas No. 173 Bandung
Telp. 022 2032462 Fax. 022
Website : http://www.sman2bdg.or.id
320
3 SMA NEGERI 3 BANDUNG Jl. Belitung No. 8 Bandung
Telp. 022 4235154 Fax. 022
Website : http://sman3-bdg.net/id/
303
4 SMA NEGERI 4 BANDUNG Jl. Gardujati No. 20 Bandung
Telp. 022 4203861 Fax. 022
287
5 SMA NEGERI 5 BANDUNG Jl. Belitung No. 8 Bandung
Telp. 022 4206921 Fax. 022 4216385
Website : http://SMAn5bdg.sch.id
276
6 SMA NEGERI 6 BANDUNG Jl. Pasirkaliki No. 51 Bandung
Telp. 022 6011309 Fax. 022 6011309
262
7 SMA NEGERI 7 BANDUNG Jl. Lengkong Kecil No. 53 Bandung
Telp. 022 4239947 Fax. 022 4239947
316
8 SMA NEGERI 8 BANDUNG Jl. Selontongan No. 3 Bandung
Telp. 022 7304542 Fax. 022 7310331
362
9 SMA NEGERI 9 BANDUNG Jl. LMU. Suparmin 1A Bandung
Telp. 022 6123806 Fax. 022 6004299
Website : http://www.smun9-bdg.sch.id
300
10 SMA NEGERI 10 BANDUNG Jl. Cikutra No. 77 Bandung
Telp. 022 7273109 Fax. 022 7273109
320
11 SMA NEGERI 11 BANDUNG Jl. H. Aksan Bandung
Telp. 022 5201102 Fax. 022 5201102
Website : http://www.sman11-bdg.net
306
12 SMA NEGERI 12 BANDUNG Jl. Sekejati Kiaracondong Bandung
Telp. 022 7310256 Fax. 022 7310256
238
13 SMA NEGERI 13 BANDUNG Jl. Raya Cibeureum No. 52 Bandung
Telp. 022 6011186 Fax. 022
283
14 SMA NEGERI 14 BANDUNG Jl. Yudha Wastu Pramuka Bandung
Telp. 022 7202744 Fax. 022 7202744
234
15 SMA NEGERI 15 BANDUNG Jl. Sarimanis I Bandung
Telp. 022 2011975 Fax. 022 2011975
Website : http://www.sman15bdg.net
320
16 SMA NEGERI 16 BANDUNG Jl. Mekarsari No. 81 Bandung
Telp. 022 7102122 Fax. 022 7102122
468
17 SMA NEGERI 17 BANDUNG Jl. Caringin Bbk. Ciparay Bandung
Telp. 022 6078486 Fax. 022
324
18 SMA NEGERI 18 BANDUNG Jl. Madesa Situgunting No. 18 Bandung
Telp. 022 6013514 Fax. 022 6013514
288
19 SMA NEGERI 19 BANDUNG Jl. Dago Pojok Bandung
Telp. 022 2502465 Fax. 022 2502465
314
20 SMA NEGERI 20 BANDUNG Jl. Citarum No. 23 Bandung
Telp. 022 4205268 Fax. 022 4205268
240
21 SMA NEGERI 21 BANDUNG Jl. Rancasawo Ciwastra Bandung-40286
Telp. 022-7565909 Fax. 022-7565909
Website : http://www.sman21bandung.sch.id
247
22 SMA NEGERI 22 BANDUNG Jl. Rajamantri Kulon No. 17A Bandung
Telp. 022 7302769 Fax. 022 7302769
298
23 SMA NEGERI 23 BANDUNG Jl. Malangbong Raya Bandung
Telp. 022 7270758 Fax. 022 7270758
Website : http://www.sman22bandung.sch.id
288
24 SMA NEGERI 24 BANDUNG Jl. A.H Nasution No. 27 Bandung
Telp. 022 7800196 Fax. 022 7800196
Website : http://www.sman24bdg.com
281
25 SMA NEGERI 25 BANDUNG Jl. Baturaden VIII No.21 Ciwastra Bandung
Telp. 022 7560119 Fax. 022
288
26 SMA NEGERI 26 BANDUNG JL Sukaluyu No.26 Bandung
Telp. 022 7806897 Fax. 022
Website : www.sman25bandung.sch.id
154
27 SMA NEGERI 27 BANDUNG Jl. Cihampelas No. 173
Telp. 022- Fax. 022-
80
28 M A Negeri 1 Bandung Jl. H. Alpi No. 41 Bandung
Telp. 022 Fax. 022
300
29 M A Negeri 2 Bandung Jl. Cipadung Cibiru Bandung
Telp. 022 Fax. 022
360

Sekolah di Bandung | SLTP, SMPN, MTSn di Bandung

Info sekolah di Bandung | SLTP, SMPN, MTSn di Bandung

No

Nama Sekolah Alamat

Daya Tampung

1

SMP NEGERI 1 BANDUNG Jl. Kesatrian No. 12 Bandung
Telp. 022 6011429 Fax. 022 6011429

360

2

SMP NEGERI 2 BANDUNG Jl. Sumatera No. 42 Bandung
Telp. 022 4204155 Fax. 022 4204155

324

3

SMP NEGERI 3 BANDUNG Jl. Rd. Dewi Sartika No. 96 Bandung
Telp. 022 5207378 Fax. 022

432

4

SMP NEGERI 4 BANDUNG Jl. Samoja No. 5 Bandung
Telp. 022 7312394 Fax. 022 7312394

312

5

SMP NEGERI 5 BANDUNG JL.Sumatera No.40 Bandung
Telp. 022 4207121 Fax. 022 4207121

288

6

SMP NEGERI 6 BANDUNG JL. H.Yakub No.36 Bandung
Telp. 022 4203534 Fax. 022 4203534

210

7

SMP NEGERI 7 BANDUNG JL. Ambon No.23 Bandung
Telp. 022 4233470 Fax. 022 4233470

246

8

SMP NEGERI 8 BANDUNG JL. Alun-alun Utara Ujung Berung
Telp. 022-7800098 Fax. 022

288

9

SMP NEGERI 9 BANDUNG JL. Semar No.5 Bandung
Telp. 022 6014886 Fax. 022 6014886

540

10

SMP NEGERI 10 BANDUNG JL. Rd. Dewi Sartika 115 Bandung
Telp. 022 5210133 Fax. 022 5210133

322

11

SMP NEGERI 11 BANDUNG JL. H. Syamsudin No.34 Bandung
Telp. 022 5200816 Fax. 022 5200816

322

12

SMP NEGERI 12 BANDUNG JL. DR. Setia Budi No.195 Bandung
Telp. 022 2013947 Fax. 022 2013947

360

13

SMP NEGERI 13 BANDUNG JL. Mutiara No.15 Bandung
Telp. 022 7305062 Fax. 022 7305062

350

14

SMP NEGERI 14 BANDUNG JL. Lap. Supratman No.8 Bandung
Telp. 022 7272064 Fax. 022 7272064

283

15

SMP NEGERI 15 BANDUNG JL. DR. Setia Budi No. 89 Bandung
Telp. 022 2034914 Fax. 022 2034914

377

16

SMP NEGERI 16 BANDUNG JL. PHH. Mustofa No.53 Bandung
Telp. 022 7275281 Fax. 022 7275281

348

17

SMP NEGERI 17 BANDUNG JL. Pacuan Kuda Arcamanik Bandung
Telp. 022 7275986 Fax. 022 7275986

330

18

SMP NEGERI 18 BANDUNG JL. Kiaracondong Bandung
Telp. 022 7566331 Fax. 022 7566331

392

19

SMP NEGERI 19 BANDUNG JL. Sadang Luhur XI Bandung
Telp. 022 2500657 Fax. 022 2500657

281

20

SMP NEGERI 20 BANDUNG JL. Centeh No. 5 Bandung
Telp. 022 7302884 Fax. 022 7302884

360

21

SMP NEGERI 21 BANDUNG Gg. Lumbung II Bbk. ciparay Bandung
Telp. 022 5402000 Fax. 022 5402000

245

22

SMP NEGERI 22 BANDUNG JL. Supratman No. 24 Bandung
Telp. 022 7271182 Fax. 022

269

23

SMP NEGERI 23 BANDUNG JL. Arjuna No. 20 Bandung
Telp. 022 6011128 Fax. 022 6011128

356

24

SMP NEGERI 24 BANDUNG JL. Sukamulya No. 33 Bandung
Telp. 022 6015090 Fax. 022 6015090

430

25

SMP NEGERI 25 BANDUNG JL. Pajagalan No.67 Bandung
Telp. 022 6010873 Fax. 022 6010873

335

26

SMP NEGERI 26 BANDUNG JL. Sarimanah Sarijadi Blk. 23 Bandung
Telp. 022 2012277 Fax. 022 2012277

360

27

SMP NEGERI 27 BANDUNG JL. Yudhawastu Pramuka I Bandung
Telp. 022 7101246 Fax. 022 7101246

305

28

SMP NEGERI 28 BANDUNG JL. Solontongan No. II Bandung
Telp. 022 7304544 Fax. 022 7304544

305

29

SMP NEGERI 29 BANDUNG JL. Geger Arum No.11A Bandung
Telp. 022 2012579 Fax. 022 2012579

354

30

SMP NEGERI 30 BANDUNG JL. Sekejati No. 23 Bandung
Telp. 022 7305150 Fax. 022 7305150

219

31

SMP NEGERI 31 BANDUNG JL. Binong Jati No. 139
Telp. 022 7305161 Fax. 022 7305161

282

32

SMP NEGERI 32 BANDUNG Jl. Arjuna No. 18 Bandung
Telp. 022 6072410 Fax. 022

288

33

SMP NEGERI 33 BANDUNG Jl. Babakan Tarogong Bandung
Telp. 022 6035940 Fax. 022 6035940

252

34

SMP NEGERI 34 BANDUNG Jl. Waas Sukarno - Hatta Bandung 402166
Telp. 022 7565790 Fax. 022 7565790

286

35

SMP NEGERI 35 BANDUNG Jl. Dago Pojok No.12 Bandung
Telp. 022 2505332 Fax. 022 2505332

324

36

SMP NEGERI 36 BANDUNG Jl. Caringin Cikungkurak
Telp. 022 6078507 Fax. 022 6078507

280

37

SMP NEGERI 37 BANDUNG Jl. Babakan Sari I Bandung
Telp. 022 7101104 Fax. 022 7101104

306

38

SMP NEGERI 38 BANDUNG Jl. Borobudur Cibaduyut Bandung
Telp. 022 5408978 Fax. 022 5408978

391

39

SMP NEGERI 39 BANDUNG Jl. Holis No. 439 Bandung
Telp. 022 5406684 Fax. 022 5406684

251

40

SMP NEGERI 40 BANDUNG Jl. Wastukencana 75A Bandung
Telp. 022 4239058 Fax. 022

468

41

SMP NEGERI 41 BANDUNG Jl. Arjuna No. 18 Bandung
Telp. 022 6015864 Fax. 022 6015864

360

42

SMP NEGERI 42 BANDUNG JL. Manjah Lega Margacinta Bandung
Telp. 022 7565864 Fax. 022 7565864

196

43

SMP NEGERI 43 BANDUNG JL. Kautamaan Istri No. 31 Bandung
Telp. 022 4234863 Fax. 022 4234863

360

44

SMP NEGERI 44 BANDUNG JL. Cimanuk No 1 Bandung
Telp. 022 4205409 Fax. 022 4205409

360

45

SMP NEGERI 45 BANDUNG Jl. Yogjakarta No. 1 Bandung
Telp. 022 7277721 Fax. 022 7277721

288

46

SMP NEGERI 46 BANDUNG JL. Cigagak Cibiru Bandung
Telp. 022 7807214 Fax. 022 7807214

238

47

SMP NEGERI 47 BANDUNG Jl. Budi Cilember Bandung
Telp. 022 6652284 Fax. 022

324

48

SMP NEGERI 48 BANDUNG Jl. Batu Raden VIII No. 19 Bandung
Telp. 022 7560480 Fax. 022

262

49

SMP NEGERI 49 BANDUNG Jl. Antapani No. 58 Bandung
Telp. 022 7275285 Fax. 022 7275285

388

50

SMP NEGERI 50 BANDUNG Jl. Pasijati No. 12 Ujungberung Bandung
Telp. 022 7800874 Fax. 022

297

51

SMP NEGERI 51 BANDUNG Jl. Derwati Rancasari Bandung
Telp. 022 7563831 Fax. 022 7563831

288

52

SMP NEGERI 52 BANDUNG Jl. Punclut Ciumbuleuit
Telp. 08122036648 Fax. 022

151

53

MTs Negeri 1 Bandung Jl. Trs Holis Cibolerang Bandung
Telp. 081321845774 Fax. 022

245

54

MTs Negeri 2 Bandung Jl. Antapani No. 78 Bandung
Telp. 081320497456 Fax. 022

216

Sekolah di Bandung | SLTP, SMPN, MTSn di Bandung

Info sekolah di Bandung | SLTP, SMPN, MTSn di Bandung

No

Nama Sekolah Alamat

Daya Tampung

1

SMP NEGERI 1 BANDUNG Jl. Kesatrian No. 12 Bandung
Telp. 022 6011429 Fax. 022 6011429

360

2

SMP NEGERI 2 BANDUNG Jl. Sumatera No. 42 Bandung
Telp. 022 4204155 Fax. 022 4204155

324

3

SMP NEGERI 3 BANDUNG Jl. Rd. Dewi Sartika No. 96 Bandung
Telp. 022 5207378 Fax. 022

432

4

SMP NEGERI 4 BANDUNG Jl. Samoja No. 5 Bandung
Telp. 022 7312394 Fax. 022 7312394

312

5

SMP NEGERI 5 BANDUNG JL.Sumatera No.40 Bandung
Telp. 022 4207121 Fax. 022 4207121

288

6

SMP NEGERI 6 BANDUNG JL. H.Yakub No.36 Bandung
Telp. 022 4203534 Fax. 022 4203534

210

7

SMP NEGERI 7 BANDUNG JL. Ambon No.23 Bandung
Telp. 022 4233470 Fax. 022 4233470

246

8

SMP NEGERI 8 BANDUNG JL. Alun-alun Utara Ujung Berung
Telp. 022-7800098 Fax. 022

288

9

SMP NEGERI 9 BANDUNG JL. Semar No.5 Bandung
Telp. 022 6014886 Fax. 022 6014886

540

10

SMP NEGERI 10 BANDUNG JL. Rd. Dewi Sartika 115 Bandung
Telp. 022 5210133 Fax. 022 5210133

322

11

SMP NEGERI 11 BANDUNG JL. H. Syamsudin No.34 Bandung
Telp. 022 5200816 Fax. 022 5200816

322

12

SMP NEGERI 12 BANDUNG JL. DR. Setia Budi No.195 Bandung
Telp. 022 2013947 Fax. 022 2013947

360

13

SMP NEGERI 13 BANDUNG JL. Mutiara No.15 Bandung
Telp. 022 7305062 Fax. 022 7305062

350

14

SMP NEGERI 14 BANDUNG JL. Lap. Supratman No.8 Bandung
Telp. 022 7272064 Fax. 022 7272064

283

15

SMP NEGERI 15 BANDUNG JL. DR. Setia Budi No. 89 Bandung
Telp. 022 2034914 Fax. 022 2034914

377

16

SMP NEGERI 16 BANDUNG JL. PHH. Mustofa No.53 Bandung
Telp. 022 7275281 Fax. 022 7275281

348

17

SMP NEGERI 17 BANDUNG JL. Pacuan Kuda Arcamanik Bandung
Telp. 022 7275986 Fax. 022 7275986

330

18

SMP NEGERI 18 BANDUNG JL. Kiaracondong Bandung
Telp. 022 7566331 Fax. 022 7566331

392

19

SMP NEGERI 19 BANDUNG JL. Sadang Luhur XI Bandung
Telp. 022 2500657 Fax. 022 2500657

281

20

SMP NEGERI 20 BANDUNG JL. Centeh No. 5 Bandung
Telp. 022 7302884 Fax. 022 7302884

360

21

SMP NEGERI 21 BANDUNG Gg. Lumbung II Bbk. ciparay Bandung
Telp. 022 5402000 Fax. 022 5402000

245

22

SMP NEGERI 22 BANDUNG JL. Supratman No. 24 Bandung
Telp. 022 7271182 Fax. 022

269

23

SMP NEGERI 23 BANDUNG JL. Arjuna No. 20 Bandung
Telp. 022 6011128 Fax. 022 6011128

356

24

SMP NEGERI 24 BANDUNG JL. Sukamulya No. 33 Bandung
Telp. 022 6015090 Fax. 022 6015090

430

25

SMP NEGERI 25 BANDUNG JL. Pajagalan No.67 Bandung
Telp. 022 6010873 Fax. 022 6010873

335

26

SMP NEGERI 26 BANDUNG JL. Sarimanah Sarijadi Blk. 23 Bandung
Telp. 022 2012277 Fax. 022 2012277

360

27

SMP NEGERI 27 BANDUNG JL. Yudhawastu Pramuka I Bandung
Telp. 022 7101246 Fax. 022 7101246

305

28

SMP NEGERI 28 BANDUNG JL. Solontongan No. II Bandung
Telp. 022 7304544 Fax. 022 7304544

305

29

SMP NEGERI 29 BANDUNG JL. Geger Arum No.11A Bandung
Telp. 022 2012579 Fax. 022 2012579

354

30

SMP NEGERI 30 BANDUNG JL. Sekejati No. 23 Bandung
Telp. 022 7305150 Fax. 022 7305150

219

31

SMP NEGERI 31 BANDUNG JL. Binong Jati No. 139
Telp. 022 7305161 Fax. 022 7305161

282

32

SMP NEGERI 32 BANDUNG Jl. Arjuna No. 18 Bandung
Telp. 022 6072410 Fax. 022

288

33

SMP NEGERI 33 BANDUNG Jl. Babakan Tarogong Bandung
Telp. 022 6035940 Fax. 022 6035940

252

34

SMP NEGERI 34 BANDUNG Jl. Waas Sukarno - Hatta Bandung 402166
Telp. 022 7565790 Fax. 022 7565790

286

35

SMP NEGERI 35 BANDUNG Jl. Dago Pojok No.12 Bandung
Telp. 022 2505332 Fax. 022 2505332

324

36

SMP NEGERI 36 BANDUNG Jl. Caringin Cikungkurak
Telp. 022 6078507 Fax. 022 6078507

280

37

SMP NEGERI 37 BANDUNG Jl. Babakan Sari I Bandung
Telp. 022 7101104 Fax. 022 7101104

306

38

SMP NEGERI 38 BANDUNG Jl. Borobudur Cibaduyut Bandung
Telp. 022 5408978 Fax. 022 5408978

391

39

SMP NEGERI 39 BANDUNG Jl. Holis No. 439 Bandung
Telp. 022 5406684 Fax. 022 5406684

251

40

SMP NEGERI 40 BANDUNG Jl. Wastukencana 75A Bandung
Telp. 022 4239058 Fax. 022

468

41

SMP NEGERI 41 BANDUNG Jl. Arjuna No. 18 Bandung
Telp. 022 6015864 Fax. 022 6015864

360

42

SMP NEGERI 42 BANDUNG JL. Manjah Lega Margacinta Bandung
Telp. 022 7565864 Fax. 022 7565864

196

43

SMP NEGERI 43 BANDUNG JL. Kautamaan Istri No. 31 Bandung
Telp. 022 4234863 Fax. 022 4234863

360

44

SMP NEGERI 44 BANDUNG JL. Cimanuk No 1 Bandung
Telp. 022 4205409 Fax. 022 4205409

360

45

SMP NEGERI 45 BANDUNG Jl. Yogjakarta No. 1 Bandung
Telp. 022 7277721 Fax. 022 7277721

288

46

SMP NEGERI 46 BANDUNG JL. Cigagak Cibiru Bandung
Telp. 022 7807214 Fax. 022 7807214

238

47

SMP NEGERI 47 BANDUNG Jl. Budi Cilember Bandung
Telp. 022 6652284 Fax. 022

324

48

SMP NEGERI 48 BANDUNG Jl. Batu Raden VIII No. 19 Bandung
Telp. 022 7560480 Fax. 022

262

49

SMP NEGERI 49 BANDUNG Jl. Antapani No. 58 Bandung
Telp. 022 7275285 Fax. 022 7275285

388

50

SMP NEGERI 50 BANDUNG Jl. Pasijati No. 12 Ujungberung Bandung
Telp. 022 7800874 Fax. 022

297

51

SMP NEGERI 51 BANDUNG Jl. Derwati Rancasari Bandung
Telp. 022 7563831 Fax. 022 7563831

288

52

SMP NEGERI 52 BANDUNG Jl. Punclut Ciumbuleuit
Telp. 08122036648 Fax. 022

151

53

MTs Negeri 1 Bandung Jl. Trs Holis Cibolerang Bandung
Telp. 081321845774 Fax. 022

245

54

MTs Negeri 2 Bandung Jl. Antapani No. 78 Bandung
Telp. 081320497456 Fax. 022

216

Kota Bandung-ku tercinta

Saya tinggal di Bandung, kota yang bisa disebut kecil dibandingkan Jakarta, Surabaya dan Medan, atau juga disebut kota besar karena menjadi ibukota Propinsi Jawa Barat. Kota ini terkenal sebagai Kota kembang, Paris van Java, kota sejuta wisata kuliner, kota yang jalan rayanya penuh lubang, kota surga impian para pendatang dari tanah seberang, dan kota yang sibuk dengan kemacetan lalu lintas.


Sebagai seorang pengendara sepeda motor (karena emang nggak ketulungan macetnya kalo pake mobil di bandung) saya tergolong berhati-hati untuk tidak melanggar aturan lalu lintas, walaupun sesekali “tergoda” untuk melintasi jalur verbodden –karena tidak ada polisi yang berjaga—atau bersiap-siap melintasi perempatan pada saat kendaraan dari arah lain (kanan-kiri dan depan) sedang memiliki hak untuk melintas.

Namun alangkah kagetnya saya ketika kehati-hatian untuk tidak melanggar lampu lalu lintas yang saya coba patuhi menjadi terganggu manakala di setiap perempatan yang ada di hampir seluruh jalan utama –apalagi jalur bukan utama—batas berhenti untuk setiap pengendara dilanggar oleh pengendara baik sepeda motor ataupun mobil. Saya tidak memiliki kamera digital untuk memotret moment penting itu, saya hanya mengandalkan kamera pada handphone saya yang masih beresolusi vga, walau sempat saya mencuri memotret pemandangan yang tidak lazim itu, namun saya mencoba untuk tidak menyisipkannya pada tulisan ini, takut jelek ah.

Rupanya kesadaran pengguna jalan khususnya di kota Bandung sudah semakin payah dan sangat tidak terkendali, selain marka pembatas cross link untuk pejalan kaki di setiap perempatan jalan yang seringkali dilanggar –mungkin karena catnya tidak tampak karena sudah usang— juga hak pejalan kaki yang sudah semakin tidak dihargai, bukan hanya sekali lagi oleh para pemilik kendaraan roda empat yang tanpa merasa berdosa memarkirkan kendaraannya di tepi-tepi batas trotoar, namun juga oleh para pemilik sepeda motor yang merasa bangga menggunakan trotoar yang menjadi hak pejalan kaki pada saat kemacetan melanda. Dan satu lagi, akibat PHK dan keterampilan yang sedikit dimiliki, banyak warga bandung yang terpaksa (atau hobby) menjadi PKL (pedagang kaki lima) yang celakanya menghabiskan badan jalan dan serakahnya menutup akses para pejalan kaki.

Wah, wah wah, kalau sudah begini, apa jadinya kota bandung yang tercinta ini. Saya sangat merasa sedih melihat kesemrawutan lalu lintas jalan raya, mobil yang parkir seenaknya, para PKL yang menjadi raja di trotoar milik pejalan kaki dan tentunya kepada pihak polisi lalu lintas yang sering mencuri kesempatan untuk memberlakukan tilang tiba-tiba, atau memungut upeti pada pengemudi angkutan tak berijin dan yang paling ngeri kalau sudah berlama-lama di depan terminal Cicaheum. Masya Allah, bus dan engkel yang memunguti penumpang setiap hari bersantai-santai menjadikan ruas jalan sebagai terminal bayangan sementara pak polisi di situ sibuk menerima upeti dan seolah acuh tak acuh terhadap kesemrawutan yang terus saja tetap menghiasi pintu gerbang kota Bandung dari arah timur ini.

Sekarang masih bulan Februari, masih dalam hitungan hari kalender kita akan berpesta demokrasi. Lagi-lagi jalan raya menjadi wahana paling efektif untuk menjadi space iklan. Ada poster dengan ukuran kecil menengah dan “bigger” pisan mencoba merebut perhatian calon pemilih dengan janji-janji yang bervariasi.

Saya pernah membandingkan sekelumit kenyamanan kota Bandung dan Jakarta. Memang bukan tandingannya atau tidak seimbang jika dibandingkan. Namun dari sudut pandang saya yang sederhana, Bandung teh enya pisan “geus heurin teuing ku tangtung, jeung loba nu ngagarantung”.

temukan informasi kota bandung dan kost-kost-an mahasiswa bandung hanya di http://www.kosbandung.co.cc

Kota Bandung-ku tercinta

Saya tinggal di Bandung, kota yang bisa disebut kecil dibandingkan Jakarta, Surabaya dan Medan, atau juga disebut kota besar karena menjadi ibukota Propinsi Jawa Barat. Kota ini terkenal sebagai Kota kembang, Paris van Java, kota sejuta wisata kuliner, kota yang jalan rayanya penuh lubang, kota surga impian para pendatang dari tanah seberang, dan kota yang sibuk dengan kemacetan lalu lintas.


Sebagai seorang pengendara sepeda motor (karena emang nggak ketulungan macetnya kalo pake mobil di bandung) saya tergolong berhati-hati untuk tidak melanggar aturan lalu lintas, walaupun sesekali “tergoda” untuk melintasi jalur verbodden –karena tidak ada polisi yang berjaga—atau bersiap-siap melintasi perempatan pada saat kendaraan dari arah lain (kanan-kiri dan depan) sedang memiliki hak untuk melintas.

Namun alangkah kagetnya saya ketika kehati-hatian untuk tidak melanggar lampu lalu lintas yang saya coba patuhi menjadi terganggu manakala di setiap perempatan yang ada di hampir seluruh jalan utama –apalagi jalur bukan utama—batas berhenti untuk setiap pengendara dilanggar oleh pengendara baik sepeda motor ataupun mobil. Saya tidak memiliki kamera digital untuk memotret moment penting itu, saya hanya mengandalkan kamera pada handphone saya yang masih beresolusi vga, walau sempat saya mencuri memotret pemandangan yang tidak lazim itu, namun saya mencoba untuk tidak menyisipkannya pada tulisan ini, takut jelek ah.

Rupanya kesadaran pengguna jalan khususnya di kota Bandung sudah semakin payah dan sangat tidak terkendali, selain marka pembatas cross link untuk pejalan kaki di setiap perempatan jalan yang seringkali dilanggar –mungkin karena catnya tidak tampak karena sudah usang— juga hak pejalan kaki yang sudah semakin tidak dihargai, bukan hanya sekali lagi oleh para pemilik kendaraan roda empat yang tanpa merasa berdosa memarkirkan kendaraannya di tepi-tepi batas trotoar, namun juga oleh para pemilik sepeda motor yang merasa bangga menggunakan trotoar yang menjadi hak pejalan kaki pada saat kemacetan melanda. Dan satu lagi, akibat PHK dan keterampilan yang sedikit dimiliki, banyak warga bandung yang terpaksa (atau hobby) menjadi PKL (pedagang kaki lima) yang celakanya menghabiskan badan jalan dan serakahnya menutup akses para pejalan kaki.

Wah, wah wah, kalau sudah begini, apa jadinya kota bandung yang tercinta ini. Saya sangat merasa sedih melihat kesemrawutan lalu lintas jalan raya, mobil yang parkir seenaknya, para PKL yang menjadi raja di trotoar milik pejalan kaki dan tentunya kepada pihak polisi lalu lintas yang sering mencuri kesempatan untuk memberlakukan tilang tiba-tiba, atau memungut upeti pada pengemudi angkutan tak berijin dan yang paling ngeri kalau sudah berlama-lama di depan terminal Cicaheum. Masya Allah, bus dan engkel yang memunguti penumpang setiap hari bersantai-santai menjadikan ruas jalan sebagai terminal bayangan sementara pak polisi di situ sibuk menerima upeti dan seolah acuh tak acuh terhadap kesemrawutan yang terus saja tetap menghiasi pintu gerbang kota Bandung dari arah timur ini.

Sekarang masih bulan Februari, masih dalam hitungan hari kalender kita akan berpesta demokrasi. Lagi-lagi jalan raya menjadi wahana paling efektif untuk menjadi space iklan. Ada poster dengan ukuran kecil menengah dan “bigger” pisan mencoba merebut perhatian calon pemilih dengan janji-janji yang bervariasi.

Saya pernah membandingkan sekelumit kenyamanan kota Bandung dan Jakarta. Memang bukan tandingannya atau tidak seimbang jika dibandingkan. Namun dari sudut pandang saya yang sederhana, Bandung teh enya pisan “geus heurin teuing ku tangtung, jeung loba nu ngagarantung”.

temukan informasi kota bandung dan kost-kost-an mahasiswa bandung hanya di http://www.kosbandung.co.cc

Living in Bandung for Expatriat

Tips: Living in Bandung for Expatriat

Expatriates with better incomes tend to live in Setra Sari, Setia Budhi, with a few in the Buat Batu and Kopo areas.

A few tips from local expat residensts:


* Kota Kembang Taxi is not recommended. Blue Bird, Gemarih Pah, and Gemah Ripah are the best taxi companies in Bandung to utilize.
* OBC Guest House is a nice place to stay for a month or more. It is about Rp 1,500,000 a month. It’s right behind UNPAR Economics Building.
* If you like R&B, Klub Pesta and another at the top of the Lippo Tower are the best spots.
* For the best massage in the world, go to the Hyatt Hotel in the fitness room
* The owner of Toko Setiabudhi is a good contact for Taekwondo groups.
* Most expats live in northern part of Bandung or in Lembang.
* Many major fast food chains are present in shopping malls.

Housing

Aston Bandung Hotel and ResidenceAston Bandung Hotel and Residence
Jl. Braga No. 99-101
Bandung 40111 West Java
Tel. (62-22) 8446-0000
Fax (62-22) 8446-0003

Aston Bandung Hotel & Residence is a hotel property that offers its guests total comfort for lengthy or short stays in Bandung. At the Aston Bandung Hotel and Residence you are strategically located for easy access to meet all your needs in the heart of the city. The hotel features 40 hotel rooms including Superior, Deluxe, Executive, and hotel suites as well as 121 condotel units with 2 and 3 bedrooms, making Aston Bandung Hotel and Residence the perfect choice for families, business travelers and tourists alike. Guests are pampered by our many facilities. High speed internet access can be easily connected in the lobby area, lounge, business center and coffee shop. Whenever you need assistance for your meeting, our bilingual staff is always at your service with secretarial help in the Business Center. The unique mix of facilities and an ideal location make Aston Bandung Hotel and Residence the perfect place to stay, hold a meeting or take up residence in Bandung.
Shopping

For shopping, Pasar Baru in Pasir Kaliki is recommended.There, you can bargain for clothes. Pasar Baru will be hectic after lunch time. Not only fabrics and clothing are avilalbe there, but also a food court, jewellry stores, and bag counters.Another shopping locale is Kings; it sells clothes, bags. For shopping malls, PVJ is nicer than Istana Plaza in Pasir Kaliki. PVJ is in Sukajadi, a little bit farther than Istana Plaza. There is a Carrefour, Gramedia bookstore, Sogo Department Store, Body Shop, Crocs Store, J.Co, Taiwanese Restaurant, Duta Suara Musik, Gelato, Auntie Anne's Pretzel, Lemonade Cafe at the back side, Blizt Theatre, and Papaya Mart (sells many imported product from Japan, Korea, European and American).

* Good shopping at Carefour, Hero, Giant and Toko Setiabudi.
* Clothing – Pleanty of shopping malls (Bandung Indah Plaza, Bandung Supermall, Instana Plaza) and Factory outlets
* Hardware stores – ACE Hardware in Instana Plaza and Sunia Raya street.
* Electronic stores specializing in cell phones, laptops, etc can be found in Bandung Electronic Centre in front of CCF. You can bargain on the cell phone prices.
* For weekend banking transactions, can go to BCA in BTC-only for deposits and withdrawals. Open on Saturday and Sunday from 10am up to 2pm (CS-021.55.999.888).
* For travel to Jakarta, you can use Cipaganti travel in BTC (to various Jakarta destinations - South, North, West, East, Bekasi, Depok, Soekarno-Hatta Int'l Airport (24h) for reservations call 022.612.6650. From Bandung to Jakarta or from Jakarta to Bandung,the cost is Rp 60.000-it will be different if you want to go to the Airport, they will pick you up from your house and the cost around Rp 120.000. The best seat for you to sit on is in the front, next to the driver.

International Schools in Bandung
Foreign Consulates
Dutch Consulate
Jl. Dayang Sumbi 3
Bandung 40132
Tel. (62) 022 2506195
Fax (62) 022 2506197


Honorary Consualte of France in Bandung
Centre Culturel Fran├žais
Jalan Purnawarman N°32
BANDUNG 40117
Phone (022) 421 2417
Fax (022) 420 7877


Honorary Consulate of the Republic Hungary
Honorary Consul : Eduard Eddy Sugiri)
Honorary Consulate of the Republic Hungary
JL. Padasaluyu Utara II/ 3
Bandung, West Java 40154
Phone : 2010354, 2010355
After hours : 2010354
Fax 2014407
Email hucons_westjava@yahoo.com
Hours Monday to Friday , 9a.m - 5p.m WIB

Hungary Visa application, information about tourism (available on brochures and booklets) and weekly newsletter by e-mail.
Restaurants

Bandung Transportation

City public transportation is easy to get around with.The Angkot public transport costs around Rp 1.500 or Rp 2.000 per ride (5/2008) If you prefer to travel by taxi, just use Blue Bird by phone (022-756.1234). It will come to your place 5 minutes before your time, but expect delays during rush hour.


House/ Apartment for Rent Information / Guide
If you need information for house or apartment for rent, you can visit http://www.rumahbandung123.com or contact Pak Tommy (022-76743214)